Lelyedna020's Blog

Lihat, apa yang kamu temukan!

RPP IPA KELAS V MODEL INKUIRI Desember 19, 2009

Filed under: Tugas Kuliah — lelyedna020 @ 4:11 pm

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan : SDN Campurdarat 2 Tulungagung

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas / Semester      : V / 1

Alokasi Waktu        : 4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

 

A.    Standar Kompetensi

         Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

B.     Kompetensi Dasar

           Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya misalnya benang, kain, dan kertas

 C.    Indikator

         Pertemuan I

  1. Memberi contoh bahan tali-temali
  2. Menyebutkan macam struktur penyusun bahan tali-temali
  3. Mengidentifikasi sifat bahan tali-temali berdasarkan struktur penyusunnya dengan melakukan pengamatan
  4. Membandingkan kekuatan dan kelenturan bahan tali-temali dengan melakukan percobaan
  5. Merumuskan masalah tentang struktur bahan
  6. Mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan tentang struktur bahan
  7. Merancang eksperiman tentang struktur bahan

     Pertemuan II

  1. Melakukan eksperimen tentang struktur bahan
  2. Menggunakan alat-alat dalam percobaan tentang struktur bahan
  3. Menyimpulkan hasil diskusi percobaan tentang struktur bahan
  4. Mengomunikasikan hasil percobaan tentang struktur bahan

 

D.    Tujuan

         Setelah mendapat materi dari guru tentang Struktur Bahan, diharapkan siswa dapat :

  1. Memberi contoh bahan tali-temali
  2. Menyebutkan macam struktur penyusun bahan tali-temali
  3. Mengidentifikasi sifat bahan tali-temali berdasarkan struktur penyusunnya dengan melakukan pengamatan
  4. Membandingkan kekuatan dan kelenturan bahan tali-temali dengan melakukan percobaan
  5. Merumuskan masalah tentang struktur bahan
  6. Mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan tentang struktur bahan
  7. Merancang eksperiman tentang struktur bahan
  8. Melakukan eksperimen tentang struktur bahan
  9. Menggunakan alat-alat dalam percobaan tentang struktur bahan
  10. Menyimpulkan hasil diskusi percobaan tentang struktur bahan
  11. Mengomunikasikan hasil percobaan tentang struktur bahan

 E.     Materi Ajar

Struktur Bahan (terlampir)

F.     Metode Pembelajaran

  • Inquiry
  • Diskusi kelompok
  • Pemberian tugas
  • Tanya jawab

 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Fase 1 : Observasi untuk menemukan masalah

  1. Guru memperkenalkan senar dan benang jahit
  2. Guru memanggil empat siswa ke depan kelas, secara berpasangan mereka menarik dua jenis tali tersebut

Fase 2 : Merumuskan masalah

  1. Guru memancing siswa untuk bertanya tentang demonstrasi tersebut
  2. Siswa menuliskan pertanyaan di papan tulis
  3. Siswa dengan bimbingan guru menentukan rumusan masalah yang akan dipecahkan bersama

Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang

Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk menentukan ketua kelompok

Fase 3 : Membuat hipotesis

  1. Melalui didkusi kelompok, siswa menjawab pertanyaan yang telah dipilih bersama sebagai rumusan masalah
  2. Setiap kelompok menuliskan jawabannya di selembar kertas
  3. Jawaban setiap kelompok dikumpulkan di meja guru agar tidak diubah oleh siapapun

Guru menyampaikan tujuan, garis besar materi, dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses pembelajaran

Fase 4 : Merencanakan pemecahan masalah

  1. Guru menunjukkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan tentang struktur bahan 
  2. Setiap kelompok membuat rancangan percobaan struktur bahan yang meliputi : struktur penyusun bahan, sifat bahan, dan kekuatan bahan dengan menggunakan alat telah tersedia
  3. Hasil diskusi kelompok tentang rancangan percobaan yang telah dibuat, dipajang pada papan flanel
  4. Secara berkelompok, siswa mendiskusikan komentar/masukan dari kelompok lain
  5. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
  6. Guru membimbing diskusi kelas untuk menentukan rancangan percobaan tentang struktur bahan yang akan dilakukanpada pertemuan selanjutnya

Pertemuan II

Guru mengingatkan siswa tentang kegiatan yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya

Fase 5 : Melaksanakan eksperimen

  1. Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang telah dibawa dari rumah untuk percobaan tentang struktur bahan
  2. Siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk kemarin
  3. Guru membagi LKS
  4. Guru memberi kesempatan siswa untuk mencermati LKS dan menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti
  5. Ketua kelompok membagi tugas pada anggotanya
  6. Siswa melakukan percobaan tentang struktur bahan secara berkelompok
  7. Guru memantau dan membimbing kegiatan siswa dalam melakukan percobaan

Fase 6 : Melakukan pengamatan dan pengumpulan data

  1. Setiap kelompok mengamati perybahan yang terjadi pada percobaan tentang struktur bahan
  2. Setiap kelompok mencatat data hasil percobaan tentang struktur bahan pada lembar pengamatan

Fase 7 : Analisis data

  1. Bersama kelompok, siswa mendiskusikan data hasil pengamatan serta menjawab pertanyaan yang ada pada LKS dan menjawab rumusan masalah
  2. Siswa membandingkan hipotesis dengan hasil diskusi tentang struktur bahan
  3. Setiap kelompok bertukar lembar hasil diskusi untuk diamati dan diberi masukan
  4. Secara berkelompok, siswa mendiskusikan masukan dari kelompok lain setelah dikembalikan
  5. Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain dapat menanggapi
  6. Guru mengumumkan kelompok terbaik hasil diskusinya
  7. Guru membimbing siswa melakukan diskusi kelas dan memberi pemantapan konsep tentang struktur bahan
  8. Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi struktur bahan yang belum dipahami

Fase 8 : Penarikan kesimpulan

  1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari kegiatan dan materi yang telah dibahas
  2. Guru melakukan refleksi tentang pembelajaran yang dilakukan
  3. Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa untuk dikerjakan di rumah

 

H.    Sumber / Alat / Bahan Pembelajaran

  • bse.depdiknas.go.id
  • Haryanto. 2004. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga
  • Kaca pembesar, ballpoint, senar, benang jahit, ijuk, benang wol, dan tambang plastik        

 

 I.       Penilaian

Bentuk penilaian   :

  • Tes Unjuk Kerja
  • Tes Penguasaan Konsep

Alat penilaian (terlampir) 

                                                                                                                                                         Surabaya, 30 Mei 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                                                          Guru Kelas                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                      Kel. Jangkrik

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s